Peran Psikolog Pendidikan:
Psikologi
pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori
dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
·
Penerapan
prinsip-prinsip belajar dalam kelas. Menilai belajar dan kebutuhan
emosional dengan mengamati dan konsultasi dengan tim multi-lembaga untuk
memberikan saran tentang pendekatan terbaik dan ketentuan untuk mendukung
pembelajaran dan pengembangan.
·
Mengembangkan
dan mendukung program pengelolaan terapi dan perilaku.
·
Merancang
dan mengembangkan kursus untuk orang tua, guru dan lain-lain yang terlibat
dengan pendidikan anak-anak dan remaja pada topik-topik seperti bullying.
·
Merancang
dan mengembangkan proyek-proyek yang melibatkan anak-anak dan kaum muda.
·
Menulis
laporan untuk membuat rekomendasi formal tentang tindakan yang akan diambil,
termasuk pernyataan formal.
·
Menasihati,
negosiasi, membujuk dan mendukung guru, orang tua dan profesional pendidikan
lainnya.
·
Menghadiri
konferensi kasus yang melibatkan tim multidisipliner tentang cara terbaik untuk
memenuhi kebutuhan sosial, emosional, perilaku dan pembelajaran anak-anak dan
kaum muda dalam perawatan mereka.
·
Mengutamakan
efektivitas: konteks dan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan anak
dipandang sebagai semakin penting.
·
Penghubung
dengan profesional lain dan memfasilitasi pertemuan, diskusi dan kursus;
·
Mengembangkan
dan meninjau kebijakan-kebijakan.
·
Melakukan
penelitian aktif.
·
Merumuskan
intervensi yang berfokus pada penerapan pengetahuan, keterampilan dan keahlian
untuk mendukung inisiatif lokal dan nasional.
·
Mengembangkan
dan menerapkan intervensi yang efektif untuk mempromosikan kesejahteraan
psikologis, sosial, perkembangan emosi dan perilaku dan untuk meningkatkan
standar pendidikan.
·
Mengembangkan
tes pendidikan
·
Evaluasi
program pendidikan. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum perubahan
·
Ujian
dan evaluasi bakat dan kemampuan
·
Sosialisasi
proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah
kognitif.
·
Penyelenggaraan
pendidikan keguruan
·
Mengumpulkan
data, merevisi tes dan kegiatan belajar kelas dalam upaya untuk meningkatkan
belajar dan mengajar gaya antara mahasiswa, staf pengajar dan individu lainnya.
Psikolog Pendidikan harus statistik menyeluruh dan memiliki kemampuan tajam
berpikir kritis
Peran Psikolog Sekolah:
1. Mengkomunikasikan hasil evaluasi
psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat memahami
sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa.
2. Melakukan penelitian tentang instruksi
yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan
intervensi kesehatan mental.
3. Menilai dan mengevaluasi berbagai
masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak dan remaja di sekolah yang
ditugaskan.
4. Intervensi langsung dengan siswa dan
keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan
keterampilan.Terlibat dalam pencegahan krisis dan layanan intervensi.
5. Dapat melayani satu atau beberapa
sekolah di daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental
masyarakat dan/atau dalam lingkungan universitas.
Peran psikolog sekolah dengan
siswa untuk:
·
Memberikan
konseling, pengajaran, dan pendampingan bagi mereka berjuang dengan masalah
sosial, emosi, dan perilaku
·
Meningkatkan
prestasi dengan menilai hambatan belajar dan menentukan strategi instruksional
terbaik untuk meningkatkan pembelajaran
·
Mempromosikan
kesehatan dan ketahanan dengan memperkuat komunikasi dan keterampilan sosial,
pemecahan masalah, manajemen kemarahan, self-regulasi, penentuan nasib sendiri,
dan optimisme
·
Meningkatkan
pemahaman dan penerimaan beragam budaya dan latar belakang
Peran psikolog sekolah dengan
siswa dan keluarganya untuk:
·
Konsultasi
dengan orang tua untuk membantu dalam memahami pembelajaran dan penyesuaian
proses anak-anak.
·
Mengajarkan
keterampilan orangtua, strategi pemecahan masalah, penyalahgunaan zat, dan
topik lainnya yang berkaitan dengan sekolah sehat.
·
Mengidentifikasi
dan alamat belajar dan masalah perilaku yang mengganggu dengan keberhasilan
sekolah
·
Evaluasi
kelayakan untuk layanan pendidikan khusus (dalam sebuah tim multidisiplin)
·
Dukungan
siswa sosial, emosional, dan perilaku kesehatan
·
Mengasuh,
Mengajar,dan meningkatkan kolaborasi rumah-sekolah
·
Membuat
arahan dan membantu mengkoordinasikan dukungan layanan komunitas
Peran psikolog sekolah dengan
guru untuk:
·
Konsultasi
dengan guru di pembangunan dan implementasi kelas metode dan prosedur dirancang
untuk memfasilitasi murid belajar dan untuk mengatasi belajar dan gangguan
perilaku.
·
Membantu
pendidik dalam melaksanakan suasana yang aman, kelas sehat dan lingkungan
sekolah.
·
Mengidentifikasi
dan menyelesaikan hambatan akademis untuk belajar
·
Merancang
dan mengimplementasikan sistem monitoring kemajuan siswa
·
Desain
dan intervensi akademis dan perilaku melaksanakan
·
Mendukung
instruksi individual efektif
·
Memotivasi
semua siswa untuk terlibat dalam pembelajaran
Peran psikolog sekolah dengan
administrators untuk:
·
Konsultasi
dengan sekolah administrator tentang sesuai tujuan belajar untuk anak-anak,
perencanaan pembangunan dan perbaikan program untuk murid di reguler dan
program-program sekolah khusus, dan pengembangan pendidikan eksperimentasi dan
evaluasi.
·
Mengumpulkan
dan menganalisa data yang berhubungan dengan perbaikan sekolah, hasil siswa,
dan persyaratan akuntabilitas
·
Melaksanakan
program-program pencegahan sekolah-lebar yang membantu mempertahankan sekolah
positif iklim kondusif untuk belajar
·
Mempromosikan
sekolah kebijakan dan praktek yang menjamin keselamatan semua siswa dengan
mengurangi kekerasan di sekolah, bullying, dan pelecehan
·
Menanggapi
krisis dengan menyediakan kepemimpinan, pelayanan langsung, dan koordinasi
dengan pelayanan masyarakat yang dibutuhkan
·
Merancang,
melaksanakan, dan mengumpulkan dukungan untuk program sekolah kesehatan jiwa
yang menyeluruh
Peran psikolog sekolah dengan
masyarakat untuk:
·
Konsultasi
dengan masyarakat lembaga, seperti masa percobaan departemen, kesehatan mental
klinik, dan departemen kesejahteraan, tentang murid yang sedang dilayani oleh
masyarakat seperti lembaga.
·
Membantu
siswa transisi ke dan dari lingkungan sekolah dan komunitas pembelajaran,
seperti perawatan perumahan atau program peradilan anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar