Rabu, 12 Maret 2014

Psikologi Pendidikan dan Teknologi



Dewasa ini perkembangan teknologi sangat berperan dalam pendidikan, termasuk peran teknologi dalam psikologi pendidikan. Proses pengajaran dan pembelajaran sekarang berbeda dengan yang sebelumnya. Sekarang banyak metode pengajaran dan pembelajaran menggunakan alat-alat teknologi.
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di mana kita kini hidup. Mulai dari teknologi yang sederhana sampai teknologi yang sangat kompleks saat ini tersedia dan berada di sekitar kita. Orang menggunakan bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi . dunia telah berorientasi teknologi, kompetensi manusia makin ditantang dan diperluas dengan cepat.
Di dunia pendidikan teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama beberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Namun, sekarang teknologi berubah secara dramatis.
Sekarang jumlah komputer di sekolah-sekolah selalu bertmbah. Karena dengan komputer proses pengajran dan pembeljaran semakin mudah. Contohnya, jika seorang guru ingan mengajarkan ekosistem, mereka dapat dengan mudah memberikan penjelasan dan contoh dengan cara mencari di internet. Dengan cara ini murid juga akan memahi pelajaran mereka dengan cepat.
Namun ada juga beberapa sekolah memiliki teknologi yang memadai tetapi mereka tidak mampu untuk menggunakan teknologi yang ada dengan baik. Mereka tidak menyediakan workshop atau pelatihan untuk menggunakan teknologi. Yang menjadi kendala bukan hal tersebut saja, namun karena perkembangan yang pesat komputer-komputer di sekolah-sekolah menjadi cepat ketingglan zaman.
Contoh di atas menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah belum direvolusinerkan secara teknologis. Sekolah akan berevolusi dengan baik jika mereka memiliki tenaga kerja yang terlatih dalam teknologi.
Sangat penting bagi kita untuk mengetahui teknologi dewasa ini. Karena dengan teknologi kita akan mendapatkan banyak pengetahuan, dan proses pembelajaran kita menjadi lebih mudan praktis.
Internet
            Internet bukanlah kata yang asing, semua orang telah mengetahui apa yang dimaksud internet dan bagaimana cara penggunaannya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa terbiasa untuk menggunakannya, khususnya dalam memperoleh informasi. Internet merupakan inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid. Fakta nenarik ialah internet mengandung informasi yang lebih baru daripada buku teks.
            World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hipermedia yang menghbungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis.
            Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Websitemenampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.
            E-mail (electronic mail) merupakanbagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima individu atau dari banyak indidu sekaligus.
Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
            Perkembangan teknologi jugamembawa isu sosial. Kita mengetahui untuk memilki alat teknologi kita membutuhkan uang yang bernilai cukup. Tidak semua orang atau murid berasal dari orang yang berkecukupan. Ini akan menimbulkanpebedaan antar murid yang kaya dan miskin, atau antara wanita dan pria.
            Berikut ini beberapa rekomendasi untuk mencegah atu mengurai kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer (gipson, 1997; Sheffield, 1997):
ü  Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural, dan etnis.
ü  Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan knostruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender, etnis, dan kultural.
ü  Beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnisyang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karir mereka.
ü  Bicara dengan orang tua tentang pemberian akitivitas berbasis komputer di rumah. Carilah cara agar agen pemerintah dan komunitas dapat membantu pendanaan untuk membeli komputer bagi murid yang berasal dari keluarga miskin.
Standar untuk Murid yang “Melek Teknologi”
Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua
Ø  Gunakan alat input (seperti mouse, keyboard, atau remote control) dan alat output (seperti monitor dan printer) untuk mengoperasikan komputer.
Ø  Gunakan variasi media dan teknologi untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yag independen.
Ø  Gunakan sumber daya multimedia yang pas.
Ø  Kerja sama dengan teman, anggota keluarg, dan orang lain saat menggunakan teknologi.
Ø  Gunakan sumber daya teknologi (seperti tek teki, program berpikir logis, alat menulis, dan kamera digital) untuk pembalajaran.
Ø  Tunjukkan perilaku etis dan sosian yang positif saat menggunakan teknologi.
Grade 3 Sampai 5
Ø  Gunakan keyboard  dan alat output lainsecara efektif.
Ø  Gunakan alat teknologi (seperti multimedia, alat persentasi, alat web, kamera digital dan scanner) untuk kegiatan menulis, berkomunikasi dan mempublikasikan aktivitas individual.
Ø  Gunakan telekomunikasi secara efektif untuk mengakses informasi di tempat yang jauh, berkomunikasi dengan orang lain, dan mencari informasi yang menarik secara personal.
Ø  Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online (seperti e-mail, diskusi online dan Web) untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran bersama.
Ø  Gunakan sumber daya teknologi (seperti kalkulator, alat pengumpul dan video, dan software pendidikan) untuk aktivitas pemecahan masalah.
Grade 6 Sampai 8
Ø  Aplikasikan strategi untukmengidentifikasi dan memecahkan problem hardware dan software yang muncul dalam penggunaan sehari-hari.
Ø  Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap lapangan kerja dan masyarakat.
Ø  Gunakan alat spesifik, software, dan simulasi untuk mendukung pembelajran dan riset.
Ø  Desain kembangkan, publikasikan, dan paparkan produk (seperti halaman web dan rekaman video).
Ø  Teliti dan evaluasi akurasi, dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.
Grade 9 Sampai 12        
Ø  Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer dan nilailah potensi sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan prkerjaan.
Ø  Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan menginformaikan informasi personal dan profesional (seperti keuangan, jadwal, alamat, pembelian, dan korespondensi).
Ø  Gunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan riset, publikasi, dan produktivitas.
Ø  Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk rist, analisi informasi, dan pemecahan problem dalam pembelajaran materi.
Masa Depan: Komputer di Mana-mana
      Sekarang hampir semua orang memiliki komputer, khususnya komputer pribadi (PC). Beberapa pakar komputer percaya bahwa generasi komputer berikutnya-generasi ketiga-akan berupa ubiquitos computing yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan, ketimbang ke personal.  Ringkasnya, ubiquitos computing akan berupa dunia pasca-PC. Perangkat teknologi umum-seperti telepon dan perangkat elektronik lainnya-akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mana di lingkungannya yang terkoneksi. Perangkat komputer yang kecil, portabel, mobile, dan murah, diperkirakan akan menggantikan komputer desktop.
      Ubiquitos adalah kebalikan dari realitas virtual. Jika realitas virtual menempatkan orag di dalam dunia yang diciptakan komputer, ubiquitos computing akan memaksa komputer eksis di dunia manusia.
      Alat komputer baru ini mungkin akan lebih cocok untuk pendidikan daripada komputer personal. Perangkat ini dipasangkan dengan jaringan yang murah, dapat memampukan murid untuk membawa perangkat informasi personal ke lapangan untuk membantu mengerjakan suatu tugas dan bisa dibawa pulang. Mereka bisa meningkatkan kolabirasi dan menggunakan penggunaan tanpa dibatasi lokasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar