Dewasa ini perkembangan teknologi sangat berperan dalam pendidikan,
termasuk peran teknologi dalam psikologi pendidikan. Proses pengajaran dan
pembelajaran sekarang berbeda dengan yang sebelumnya. Sekarang banyak metode
pengajaran dan pembelajaran menggunakan alat-alat teknologi.
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di mana
kita kini hidup. Mulai dari teknologi yang sederhana sampai teknologi yang
sangat kompleks saat ini tersedia dan berada di sekitar kita. Orang menggunakan
bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi . dunia telah berorientasi
teknologi, kompetensi manusia makin ditantang dan diperluas dengan cepat.
Di dunia pendidikan teknologi telah menjadi bagian dari sekolah
selama beberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan
berubah dengan lamban. Namun, sekarang teknologi berubah secara dramatis.
Sekarang jumlah komputer di sekolah-sekolah selalu bertmbah. Karena
dengan komputer proses pengajran dan pembeljaran semakin mudah. Contohnya, jika
seorang guru ingan mengajarkan ekosistem, mereka dapat dengan mudah memberikan
penjelasan dan contoh dengan cara mencari di internet. Dengan cara ini murid
juga akan memahi pelajaran mereka dengan cepat.
Namun ada juga beberapa sekolah memiliki teknologi yang memadai
tetapi mereka tidak mampu untuk menggunakan teknologi yang ada dengan baik.
Mereka tidak menyediakan workshop atau
pelatihan untuk menggunakan teknologi. Yang menjadi kendala bukan hal tersebut
saja, namun karena perkembangan yang pesat komputer-komputer di sekolah-sekolah
menjadi cepat ketingglan zaman.
Contoh di atas menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah belum
direvolusinerkan secara teknologis. Sekolah akan berevolusi dengan baik jika
mereka memiliki tenaga kerja yang terlatih dalam teknologi.
Sangat penting bagi kita untuk mengetahui teknologi dewasa ini.
Karena dengan teknologi kita akan mendapatkan banyak pengetahuan, dan proses
pembelajaran kita menjadi lebih mudan praktis.
Internet
Internet bukanlah kata yang asing, semua orang telah mengetahui apa yang
dimaksud internet dan bagaimana cara penggunaannya. Mulai dari anak-anak sampai
orang dewasa terbiasa untuk menggunakannya, khususnya dalam memperoleh
informasi. Internet merupakan inti
dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan yang
terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat
diakses murid. Fakta nenarik ialah internet
mengandung informasi yang lebih baru daripada buku teks.
World Wide Web adalah sistem pengambilan
informasi hipermedia yang
menghbungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis.
Website adalah lokasi individu atau
organisasi di internet. Websitemenampilkan informasi yang dimasukkan oleh
individu atau organisasi.
E-mail (electronic mail) merupakanbagian
penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima individu atau dari
banyak indidu sekaligus.
Teknologi
dan Diversitas Sosiokultural
Perkembangan
teknologi jugamembawa isu sosial. Kita mengetahui untuk memilki alat teknologi kita
membutuhkan uang yang bernilai cukup. Tidak semua orang atau murid berasal dari
orang yang berkecukupan. Ini akan menimbulkanpebedaan antar murid yang kaya dan
miskin, atau antara wanita dan pria.
Berikut ini
beberapa rekomendasi untuk mencegah atu mengurai kesenjangan dalam akses dan
penggunaan komputer (gipson, 1997; Sheffield, 1997):
ü Saring materi
teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural, dan etnis.
ü Gunakan
teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan
knostruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender, etnis, dan
kultural.
ü Beri murid
informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnisyang berbeda yang
menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karir mereka.
ü Bicara dengan
orang tua tentang pemberian akitivitas berbasis komputer di rumah. Carilah cara
agar agen pemerintah dan komunitas dapat membantu pendanaan untuk membeli
komputer bagi murid yang berasal dari keluarga miskin.
Standar
untuk Murid yang “Melek Teknologi”
Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua
Ø Gunakan alat
input (seperti mouse, keyboard, atau remote control) dan alat output (seperti
monitor dan printer) untuk mengoperasikan komputer.
Ø Gunakan variasi
media dan teknologi untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yag independen.
Ø Gunakan sumber
daya multimedia yang pas.
Ø Kerja sama
dengan teman, anggota keluarg, dan orang lain saat menggunakan teknologi.
Ø Gunakan sumber
daya teknologi (seperti tek teki, program berpikir logis, alat menulis, dan
kamera digital) untuk pembalajaran.
Ø Tunjukkan
perilaku etis dan sosian yang positif saat menggunakan teknologi.
Grade
3 Sampai 5
Ø Gunakan keyboard dan alat output lainsecara efektif.
Ø Gunakan alat
teknologi (seperti multimedia, alat persentasi, alat web, kamera digital dan scanner) untuk kegiatan menulis,
berkomunikasi dan mempublikasikan aktivitas individual.
Ø Gunakan
telekomunikasi secara efektif untuk mengakses informasi di tempat yang jauh,
berkomunikasi dengan orang lain, dan mencari informasi yang menarik secara personal.
Ø Gunakan
telekomunikasi dan sumber daya online (seperti
e-mail, diskusi online dan Web) untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran
bersama.
Ø Gunakan sumber
daya teknologi (seperti kalkulator, alat pengumpul dan video, dan software pendidikan) untuk aktivitas
pemecahan masalah.
Grade
6 Sampai 8
Ø Aplikasikan
strategi untukmengidentifikasi dan memecahkan problem hardware dan software
yang muncul dalam penggunaan sehari-hari.
Ø Tunjukkan
pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap
lapangan kerja dan masyarakat.
Ø Gunakan alat
spesifik, software, dan simulasi
untuk mendukung pembelajran dan riset.
Ø Desain
kembangkan, publikasikan, dan paparkan produk (seperti halaman web dan rekaman
video).
Ø Teliti dan
evaluasi akurasi, dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan
dengan problem dunia nyata.
Grade
9 Sampai 12
Ø Identifikasi
kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer dan nilailah potensi
sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan prkerjaan.
Ø Gunakan sumber
daya teknologi untuk mengelola dan menginformaikan informasi personal dan
profesional (seperti keuangan, jadwal, alamat, pembelian, dan korespondensi).
Ø Gunakan
informasi online secara rutin untuk
memenuhi kebutuhan riset, publikasi, dan produktivitas.
Ø Pilih dan
aplikasikan alat teknologi untuk rist, analisi informasi, dan pemecahan problem
dalam pembelajaran materi.
Masa
Depan: Komputer di Mana-mana
Sekarang hampir semua
orang memiliki komputer, khususnya komputer pribadi (PC). Beberapa pakar
komputer percaya bahwa generasi komputer berikutnya-generasi ketiga-akan berupa
ubiquitos
computing yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan,
ketimbang ke personal. Ringkasnya, ubiquitos computing akan berupa dunia
pasca-PC. Perangkat teknologi umum-seperti telepon dan perangkat elektronik
lainnya-akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari
perangkat mana di lingkungannya yang terkoneksi. Perangkat komputer yang kecil,
portabel, mobile, dan murah,
diperkirakan akan menggantikan komputer desktop.
Ubiquitos adalah kebalikan dari realitas virtual. Jika realitas virtual
menempatkan orag di dalam dunia yang diciptakan komputer, ubiquitos computing akan memaksa komputer eksis di dunia manusia.
Alat
komputer baru ini mungkin akan lebih cocok untuk pendidikan daripada komputer
personal. Perangkat ini dipasangkan dengan jaringan yang murah, dapat
memampukan murid untuk membawa perangkat informasi personal ke lapangan untuk
membantu mengerjakan suatu tugas dan bisa dibawa pulang. Mereka bisa
meningkatkan kolabirasi dan menggunakan penggunaan tanpa dibatasi lokasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar