Rabu, 12 November 2014



BUNGA RAFIA


Selamat malam semuanya. Saya Ilmi Khoir Purba, NIM 131301003. Di sini saya akan memmperlihatkan hasil kreativitas saya. Awalnya saya bingung akan membuat apa, ada beberapa pilihan yang saya rencanakan: puisi dan cerpen. Namun, suatu hari saya melihat tali rafia dan saya tertarik untuk membuat suatu produk berbahan dasar tali rafia. Selama ini,  kita hanya menggunakan tali rafia untuk mengikat saja. Padahal tali rafia bisa dibuat menjadi suatu produk yang lebih indah dan berguna sebagai hiasan. Saya menyebut karya saya ini “BUNGA RAFIA”.

Alat dan Bahan
·         Tali rafia berwarna hijau dan kuning
·         Kawat berukuran kecil dan sedang
·         Lilin
·         Gunting
·         Tang
·         Korek api
Proses Pembuatan Bunga
1.      Potonglah tali berwarna hijau dan kuning sepanjang 10 cm.
2.      Lebarkanlah tali-tali yang telah dipotong
3.      Lapislah dua helai tali yang telah dilebarkan. Lapis tali kuning dengan kuning untuk bunga yang berwarana kuning; lapis tali hijau dengan hijau untuk bunga yang berwarna hijau, dan untuk variasi lain lapis tali hijau dengan hijau untuk bunga berwarna hijau (tali dilapis berfungsi untuk mempermudah pembentukan bunga).
4.      Setiap tali yang dilapis bentuklah menjadi bulat seperti bola lampu.
Ketika dibentuk seperti bola, pasti ada bagian yang berlebih di samping kanan dan kiri. Untuk merapikannya gunakanlah lilin. Usahakan api yang digunakan kecil, ini berfungsi agar ketika merapikan bagian yang berlebih bagian lain tidak ikut terbakar.
5.      Ikat bagian bawah bunga yang telah dibentuk.
6.      Potong kawat berukuran kecil sepanjang 5 cm dan gunakan kawat ini sebagai tangkai bunga.
7.      Buatlah hingga berjumlah 35 buah.
Proses Pembuatan Daun
1.      Potonglah tali hijau dengan ukuran 8 cm.
2.      Lebarkan tali yang telah dipotong lalu lipat dan bentuklah menjadi daun.
3.      Rapikan bagian pinggir daun dengan menggunakan api lilin
4.      Potong kawat berukuran kecil sepanjang 5 cm.
5.      Setelah daun selesai dibuat, gunakan kawat sebagai tangkai.
6.      Lapisi kawat yang digunakan sebagai tangkai dengan tali hijau.
7.      Buat daun kira-kira 50 helai.
Proses Perangkaian
1.      Potong kawat berukuran sedang sepanjang 23 cm.
2.      Rangkailah bunga dan daun di kawat tersebut.
3.      Jangan lupa lapisi kawat yang digunakan sebagai batang dengan tali hijau.
4.      Buat beberapa batang bunga.
5.      Setelah beberapa batang selesai, rangkai tangkai-tangkai tersebut.
6.      Sebagai penahan agar bunga dapat berdiri tegak, kita tidak perlu menggunakan vas bunga. Gunakanlah kawat sebagai penyangga. Untuk bagian dasar, bentuklah kawat menjadi lingkaran, di mana lingkaran kawat tersebut terhubung dengan batang-batang bunga yang telah dirangkai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar